Cara Membuat Scrub Alami Yang Baik Untuk Kulit

Cara Membuat Scrub Alami Yang Baik Untuk Kulit

Cara Membuat Scrub Alami Yang Baik Untuk Kulit

Tips Kecantikan | Perawatan Kulit – Ingin mempunyai kulit yang sehat dan menarik tak selalu wajib untuk membeli bermacam – macam produk kecantikan yang harganya mahal karena anda pun dapat membuatnya dengan bahan – bahan alami yang kerap anda temui sehari – hari, salah satunya adalah Scrub. Anda mungkin mengenal scrub sebagai bahan pembersih wajah yang digunakan untuk merontokkan sel – sel kulit mati yang bercampur dengan kotoran debu yang menumpuk pada pori – pori wajah. Ya, scrub memang dapat membuat kulit wajah menjadi tampak cerah dan bersih.

membuat scrubPada tulisan kali ini akan dibahas cara membuat scrub alami untuk tubuh yang baik untuk kulit. Tentu saja agak berbeda dengan scrub wajah, oleh karena itu anda perlu memahami terlebih dahulu jenis kulit anda sebelum menentukan scrub yang ingin digunakan. Sensitivitas kulit setiap orang berbeda satu sama lainnya. Ada yang mudah terkena iritasi karena terlalu sensitif. Bila kulit anda bertipe sensitif, ada baiknya memilih jenis scrub yang memiliki butiran yang halus, sedangkan pada bagian – bagian tertentu lainnya seperti telapak kaki dan bagian keras lainnya seperti lutut, siku, bahu dapat menggunakan scrub berbutiran yang lebih kasar juga, namun pastikan agar tidak menggosokkan terlalu keras.

Produk scrub yang dijual di toko – toko kosmetik / kecantikan memang memiliki aroma yang menarik, akan tetapi terkadang memiliki efek samping dikarenakan bahan – bahan kimia yang dipergunakannya. Anda dapat membuat scrub dengan bahan – bahan alami seperti yang dilakukan oleh orang – orang pada zaman dahulu. Perempuan pada zaman keraton memiliki kualitas kulit yang halus dan menawan. Bahan seperti kopi, gula pasir, gandum (oat), gula merah, garam merupakan resep untuk membuat scrub alami untuk tubuh.

Membuat Scrub Alami Untuk Kulit Berminyak

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa anda perlu mengetahui tipe kulit anda, tentu saja bahan yang digunakan untuk kulit berminyak berbeda dengan kulit kering. Kita mulai dari kulit berminyak.

Cara Membuat Scrub Alami Dengan Garam

Bahan campuran utama untuk membuatnya adalah dengan menggunakan yoghurt yang dicampurkan dengan salah satu bahan yang disebutkan sebelumnya. Bila kulit anda kerap berminyak, jangan pergunakan scrub yang justru akan membuatnya semakin berminyak seperti kopi atau gula, gula merah. Gunakanlah garam atau gandum (sereal oat), kemudian campurkan dengan yoghurt, perasan jeruk lemon dan bahan pelembut lainnya yang bersifat cair. Sebelumnya pastikan agar anda tidak memiliki bagian terbuka, lecet maupun luka bila anda menggunakan bahan scrub ini.

Langkah – Langkah pembuatan Scrub Alami Dengan Garam:

  • Ambil sejumlah garam dengan butiran – butiran yang halus
  • Ambil jeruk lemon dan peras airnya untuk dicampurkan dengan garam. Porsi untuk garam dan perasan ini diupayakan agar sama
  • Baurkan keduanya hingga merata
  • Jika anda menyukai aroma yang harum, tambahkan lotion atau pelembab lainnya
  • Scrub siap digunakan

Cara Membuat Scrub Alami Dengan Sereal (Oat)

  • Ambil satu sendok sereal
  • Campurkan dengan segelas yoghurt
  • Baurkan sampai merata
  • Scrub siap digunakan

Cara penggunaanya sama saja dengan scrub lainnya, yaitu dengan mengoleskan pada kulit tubuh lalu biarkan selama beberapa menit. Kemudian bersihkan sisa scrub dari tubuh baru kemudian bilas hingga bersih. Jika anda ingin memakaikan scrub ini untuk wajah dapat mencampurkan dengan sedikit air perasan timun, lemon atau tomat. Bahan – bahan tersebut dapat merontokkan minyak diwajah sehingga terlihat lebih bersih.

Membuat Scrub Alami Untuk Kulit Kering

Bila tipe kulit anda kering, sebaliknya dapat menggunakan bahan seperti gula dan kopi.Bahan-bahan tersebut dapat melembabkan kulit anda.

Cara Membuat Scrub Alami Dengan Gula, kopi atau garam

Cara membuatnya adalah:

  • Ambil kopi, gula atau garam (dengan porsi setengah gelas)
  • Campurkan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun dengan porsi yang seimbang
  • Aduk keduanya hingga merata satu sama lainnya
  • Scrub tubuh siap digunakan

Bahan kopi dan minyak zaitun bermanfaat membantu melembabkan kulit kering anda. Sedangkan kopi mengandung zat antioksidan yang terkandung dalam kafein. Keduanya memiliki manfaat tersendiri yang jika digabung dapat mengendalikan lemak di balik kulit sehingga dapat menghaluskan kulit anda. Sedangkan zat pada minyak kelapa mengandung mineral serta vitamin E dan K yang berfungsi menghampat penuaan. Cara penggunaan scrub ini sama dengan sebelumnya.

Cara Membuat Scrub Alami Dengan Gula Merah

Gula merah bersifat padat oleh karenanya anda perlu menghancurkannya terlebih dahulu. Berikut adalah cara pembuatan scrub tubuh dengan menggunakan gula merah:

  • Ambil 2 sendok gula merah
  • Lumatkan gula merah hingga halus
  • Campurkan 3 sendok minyak zaitun atau kelapa
  • Baurkan hingga mengental

Tips Menggunakan Scrub Untuk Tubuh

Tips ini berlaku untuk semua jenis scrub, baik alami maupun kimiawi. Dianjurkan agar anda menggosok scrub dengan gerakan melingkar, jangan vertikal atau horizontal (lurus). Menggosok scrub dengan gerakan memutar baik untuk peredaran darah serta merontokkan sel kulit mati.

Gosokkan dengan perlahan saja, jangan terlalu keras karena akan membuat kulit menjadi iritasi. Jika anda membuat scrub dalam jumlah yang banyak, pastikan agar memasukkannya ke dalam wadah tertutup seperti toples kecil dsb lalu simpan di dalam lemari es.

Ada baiknya agar scrub yang telah disimpan selama dua minggu, dibuang saja dan buatlah scrub baru.

Demikianlah informasi mengenai Cara Membuat Scrub Alami Yang Baik Untuk Kulit. Semoga bermanfaat. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *