Manfaat Tomat Untuk Kecantikan

Manfaat Tomat Untuk Kecantikan

Manfaat Tomat Untuk Kecantikan

Manfaat tomat tidak hanya berfungsi untuk melezatkan masakan tetapi juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Buah tomat ini memberikan begitu banyak manfaat seperti menyembuhkan pori-pori besar, mengurangi iritasi dan jerawat, meredakan kulit karena terbakar matahari, juga mencerahkan kulit kusam.

Anda dapat menyiapkan perawatan di rumah guna mendapatkan manfaat tomat untuk kecantikan. Juga, jika anda mengkonsumsi tomat secara rutin maka akan membuat kulit anda sehat. Tomat memiliki likopen yang merupakan antioksidan dan berfungsi sebagai tabir surya. Karena antioksidan ini, membuat tomat menjadi produk anti penuaan karena memerangi kemerahan kulit dan kerusakan sel. Mengkonsumsi minimal 16 miligram likopen dalam sehari untuk mengurangi radikal bebas dalam tubuh.

Tomat juga menjaga kelembaban kulit untuk orang-orang yang biasa berada di ruangan ber-AC. Dengan harga sangat terjangkau bila dibandingkan dengan kosmetik mahal yang dapat meninggalkan beberapa efek samping (dalam beberapa kasus).

Jadi, ikutilah beberapa perawatan mudah di rumah berbahan tomat yang bermanfaat untuk kecantikan.

Mencerahkan kulit

Memiliki kulit cerah adalah dambaan setiap orang. Untuk itu, campurkan jus tomat segar dalam madu. Campur dengan baik dan anda akan mendapatkan pasta kental. Oleskan ke seluruh wajah dan cuci setelah 15 menit.

Menyembuhkan Jerawat

Tomat memiliki asam dan yang berguna untuk membersihkan kulit. Setiap kali anda mengambil produk apa pun yang menjanjikan untuk menghilangkan jerawat harus memiliki vitamin A dan Vitamin C. Kedua vitamin tersebut bersama dengan Vitamin K ditemukan dalam tomat. Jadi, untuk menghilangkan jerawat ringan, potong irisan tomat dan menerapkan bagian dalamnya di atas kulit anda. Jika memiliki jerawat parah, lumatkan tomat segar dan menerapkannya langsung pada wajah. Setelah satu jam, cuci wajah dan dapatkan kulit yang lembab. Untuk menghilangkan jerawat dengan cepat, anda dapat mencobanya setiap hari.

Mengecilkan Pori-pori Besar

Pori-pori besar berarti undangan terbuka untuk kotoran dan debu. Jadi, untuk mengecilkannya, ambil satu sendok makan jus tomat segar, tambahkan 2-3 tetes air jeruk nipis di dalamnya. Campur dan oleskan pada wajah serta leher secara keseluruhan dengan bantuan bola kapas. Pijat dengan baik dalam gerakan melingkar. Cuci dengan air dingin setelah 15 menit.

Kulit Terbakar Matahari

Ketika musim kemarau berarti panas terik yang menyebabkan kulit terbakar dan meradang. Untuk menghilangkan kulit kering dan gatal, hancurkan setengah butir tomat lalu campurkan dua sendok makan yogurt murni di dalamnya. Ramuan yang dibuat harus diterapkan pada wajah, leher, lengan dan daerah yang terkena sengatan matahari. Cuci setelah 20 menit. Tomat membantu untuk mendinginkan kulit dan menetralkan permukaannya, sedangkan yoghurt menyediakan protein pada kulit untuk membuatnya lebih halus dan fleksibel.

Astringent

Orang yang memiliki kulit berminyak menghadapi masalah berkilau pada kulit, tetapi jangan khawatir, karena tomat adalah solusi dari masalah ini. Hancurkan tomat segar dan saring. Tambahkan jus mentimun segar di dalamnya dengan jumlah yang sama. Oleskan campuran keduanya pada wajah dengan bola kapas setiap hari, hal ini efektif mengendalikan jumlah minyak yang berlebihan serta jerawat.

Manfaat tomat selain untuk kecantikan, juga sangat bermanfaat untuk kesehatan, karena mengandung berbagai vitamin yang berguna untuk tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *