Kamu Harus Tahu: Perawatan Kulit Kering dan Sensitif Sebenarnya Mudah

Kamu Harus Tahu: Perawatan Kulit Kering dan Sensitif Sebenarnya Mudah

 

Selamat pagi Sahabat! Tentu kalian selalu rajin merawat wajah dan tubuh dengan produk-produk yang aman dan menyehatkan bukan? Nah, jika kalian sudah rajin melakukan perawatan tapi kulit kalian tetap saja kering dan mudah berkeriput bahkan flaky sehingga riasan tidak dapat menempel sempurna maka kamu berada di tempat yang tepat. Mari kita bahas bersama tentang serba-serbi perawatan kulit kering.

Pada kamu yang berkulit kering dan sensitif sistem kekebalan tubuhmu lebih tinggi dan lebih sensitif dari orang biasa, karena itulah produk kecantikan dan perawatan kulit yang biasa ditemukan di pasaran menimbulkan reaksi yang kurang disukai.

Produk yang aman digunakan bagi temanmu bisa menyebabkan kulit perih dan kemerahan, gatal, terasa tersengat, terbakar hingga akhirnya mengelupas. Selain menyebabkan make-up rontok bersama pengelupasan kulit tentu saja kulit yang flaky ini sangat mengesalkan dan bisa mengurangi rasa percaya diri, apalagi orang-orang berkulit kering dan sensitif ini cenderung mudah mengalami penuaan dini. Menjadi tua sebelum saatnya? Uh!

Penyebab kulit kering

Kulit kering bisa disebabkan oleh faktor usia, ras dan hormon. Walaupun begitu, paparan sinar matahari, polusi, pola makan dan gaya hidup jauh lebih berperan dalam menyebabkan kulit kehilangan kelembapan alaminya. Gaya hidup sendiri contohnya adalah pola hidup tinggi stres, kurang istirahat, hingga kesalahan pemilihan produk kecantikan dan perawatan. Produk kecantikan dan perawatan yang berpotensi menyebabkan kulit kering sendiri antara lain chemical peeling, krim pemutih kulit yang mengandung pengelupas dan parfum.

Kamu yang cerdas dan kritis pasti sering mendapati istilah SLES (Sodium Lauryl Ether Sulfate), SLS (Sodium Lauret Sulfat) dan ALS (Amonium Lauret Sulfat) dalam kandungan produk perawatan dan kecantikan yang kamu gunakan.

Kalau sebelumnya kamu bertanya-tanya kegunaan bahan-bahan tersebut, kali ini Gracia akan menjelaskan tentang bahan-bahan tadi. SLES, SLS dan ALS ternyata dapat menyebabkan dan memperparah kulit kering. Asal tahu saja, bahan-bahan tersebut adalah produk surfaktan, salah satu kandungan yang umum dalam deterjen untuk merontokkan kotoran, yang sejenis dangan natrium lauret sulfat.

Natrium lauret sulfat sendiri merupakan bahan pengelupas yang tentu saja dapat menyebabkan iritasi kulit. Sayangnya, bahan-bahan kimia ini masih sering ditemukan dalam sabun dan aneka produk yang seharusnya berfungsi sebagai perawatan kecantikan.

Oya, sedikit catatan ya, penelitian toksikologi mengkategorikan SLES sebagai karsinogen alias zat pemicu kanker, karena itu Sahabat harus semakin berhati-hati dan cerdas dalam memilih produk perawatan dan kecantikan.

Produk perawatan yang dianjurkan

  • Jika kulit keringmu sudah sedemikian mengganggu sebaiknya langsung saja berkonsultasi dengan dokter kulit, tapi jika kamu skeptis dengan hal-hal tersebut kamu juga bisa kok merawat kulit keringmu sendiri.
  • Kurangi minuman yang mengandung soda, kafein dan alkohol (untuk lebih lengkapnya tentang minuman-minuman tadi kamu bisa cek di sini).
  • Untuk mencuci wajah di pagi hari, ketimbang membilas wajah seperti biasa lebih disarankan menggunakan handuk lembut yang sudah dilembapkan dengan air hangat dan ditepuk-tepukkan ke wajah hingga bersih untuk melancarkan aliran darah ke wajah,
  • Daripada menggunakan sabun lebih baik kamu menggunakan perawatan kulit buatan sendiri. Sepulang beraktivitas, bersihkan wajahmu dengan make up remover buatan sendiri yang tentu lebih aman dan bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan kulitmu.
  • Selalu gunakan sunblock. Radiasi sinar matahari selain bisa menyebabkan kulitmu teriritasi juga akan menyebabkan melanoma, hiperpigmentasi, hingga kanker kulit.

Untuk perawatan wajah rutin, kamu bisa mencoba Colla Beauty yang lezat, kaya akan kolagen murni dan L-Glutathione yang mampu menangkal pengaruh radikal bebas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *